Berbagi Informasi

Blog yang diisi dengan informasi bermanfaat, mencerdaskan. Mulai dengan blog informasi traveling, catering makanan, dan teknologi yang lainnya. Serta penunjang . Kunjungi juga web generasihijau.com

Samakah Nasi Gudangan dengan Nasi Bancakan? Ini Jawabannya.

gudangan atau ada juga yang menyebutnya dengan kluban dan yang di jakarta lebih terkenal dengan sebutan urap ini, di Semarang atau di Jawa memiliki banyak sekali artinya.
selain sebagai banca\'an (syukuran) weton (hari lahir), brokohan (sesudah melahirkan), munggah kap (menaikkan atap rumah, saat membuat rumah) ataupun syukuran lain yang sifatnya tradisional atau ke-Jawaan, pun di kampungku umumnya sebagai hidangan tumpeng pada ketika malam tirakatan hari Kemerdekaan RI. karena praktis dan sudah umum :) .

sekedar mengenang masa kecil.......

Samakah Nasi Gudangan dengan Nasi Bancakan? Ini Jawabannya.


untuk nasi gudangan yang aku posting ini adalah berkaitan dengan bancaan weton (syukuran hari lahir) karena sewaktu saya kecil dulu sampai umur masuk sekolah dasar, orang tuaku selalu mengadakan banca\'an weton ini di rumah dengan mengundang tetangga-tetangga yang masih kecil-kecil untuk datang ke rumah, sekedar untuk bersorak-sorak dan minta doa (doanya si kecil-buah hati) dan kemudian mereka pulang dengan membawa sego gudangan itu.

sebab tiap weton orang tuaku selalu mengadakan banca\'an, maka tetangga-tetangga di sekitar rumahku selalu hafal dengan wetonku ataupun kakakku (kebetulan saya cuma dua bersaudara saja, yang kesemuanya perempuan), dimana weton kakakku ialah Jum\'at Pahing padahal wetonku adalah Selasa Kliwon (kata orang serem :( ), jadi semenjak pagi tiap-tiap hari Jum\'at Pahing maupun Selasa Kliwon tetanggaku senantiasa teriak-teriak di depan rumahku untuk menagih sego banca\'an :)

pada ketika progres banca\'an, sego gudangan dibenahi sedemikian rupa di tampah besar komplit dengan lauk pauk dan komplementernya, kemudian \'mbah\' yang mengasuh kami berdua minta kepada semua yang hadir untuk berteriak \'sorak-sorak hooorrreeeeee... (kadang ditambah / ada yang nyelutuk \'ora kumanan teempeeeeeee.....), \' barulah kemudian nasi gudangan hal yang demikian dibagikan satu-persatu kepada yang hadir di sebuah pincuk (piring dari daun pisang) atau dibungkus daun , komplit dengan pelengkapnya dan kemudian mereka pun pulang ke rumah masing-masing sambil membawa sebungkus sego gudangan.
memang paling sedap makan nasi banca\'an karena ada \'bau-bau\' doa nya, aaaahhh nikmatnyaaa.......

hanya sayangnya foto-foto dikala banca\'an sudah tidak sempat aku cari-cari lagi karena telah disimpan rapi di gudang :(

adat istiadat banca\'an weton ini usai saat aku berusia 6 tahun karena kami sekeluarga patut pindah rumah ke rumah yang baru, tidak jauh dari daerah tinggal kami yang lama.
tetapi dikala keponakanku lahir (3 orang), orang tuanya (kakakku) hanya membikin banca\'an weton sampai buah hati-si kecilnya berusia 6 bulan saja.
tapi sampai kini, keluarga kami masih sering kali mendapatkan banca\'an weton dari para tetangga yang memiliki buah hati balita.
kembali lagi ke permasalahan nasi gudangan / urap, pastinya seluruh orang telah bisa membikin nasi gudangan yaaa... namun berikut akan aku tuliskan cara membuat nasi gudangan ala aku dan keluargaku....

Salah satu penyedia nasi bancaan solo adalah pawon kayu. klik disini untuk pesan nasi bancaan solo
selain itu ada bisa kunjung di web kami :
travel jogja
generasi hijau


  • Silahkan masukan huruf yang tertulis pada gambar di atas dengan benar.

    Isi tulisan akan diterbitkan dan hanya pemilik blog yang dapat menghapusnya.
    削除
    Samakah Nasi Gudangan dengan Nasi Bancakan? Ini Jawabannya.
      Komentar(0)